KISAH DARI LANGIT



“LINTANG TAGIH” atau dalam bahasa Indonesia artinya bintang menagih. Bintang ini datang di kala senja di ufuk barat dimana langit masih terang ketika matahari baru menenggelamkan diri dan bintang lain masih enggan menampakkan diri mereka. Lintang  Tagih adalah bintang pertama yang bersinar dikala sore menjelang malam dan salah satu bintang yang bersinar lebih terang dibanding bintang lainnya, salah satu bintang yang paling favorit buat dipandangi di sepanjang malam.
Konon katanya bintang ini selalu bersinar lebih awal daripada bintang lainnya karena ia menagih janji, ia di janjikan untuk datang dikala pagi namun saking semangatnya dia datang lebih awal di kala sore. Itulah sebabnya dia di beri nama “Lintang Tagih” karena dia muncul paling awal untuk menagih janji.
“JOKO BELEK” adalah sebutan untuk bintang yang berwarna merah. Bintang Joko Belek berada di diantara sekumpulan bintang yang membentuk pohon kelapa yang doyong (agak miring melengkung). Dikisahkan pada zaman dahulu ada seorang pria yang bernama Joko yang ditugaskan untuk menjaga pohon kelapa, namun karena udara yang begitu panas joko tergoda untuk memetik kelapa yang dia jaga, ketika ia memanjat pohon tersebut datang 3 semut raksasa menyerang joko dan menggigit matanya, itu lah sebabnya dijuluki bintang “Joko Belek” karena matanya merah di gigit oleh semut.
“GUBUK PENCENG” bintang ini terdiri 4 bintang yang membentuk layang-layang, bintang ini berada di sebelah selatan, biasanya bintang ini dijadikan sebagai petunjuk arah selatan. Gubuk adalah sebutan untuk rumah kecil di tengah sawah. Rasi bintang ini adalah rasi yang paling mudah untuk dikenali dan ditemukan.
Awal mula adanya bintang ini berdasarkan kisah pada zaman dahulu yaitu ada seorang pemuda yang membangun gubuk di tengah sawah, setiap hari ada seorang gadis cantik yang lewat di sawah tersebut untuk mengantarkan makanan untuk orang di sawah. Karena terpana melihat kecantikan gadis tersebut pemuda tersebut tidak konsen untuk membuat gubuk tersebut sehingga gubuk tersebut menjadi penceng atau miring sedangkan gadis pengirim makanan itu disebut bintang “LANJAR NGIRIM” letaknya tidak jauh dari rasi bintang gubuk penceng. 
- KISAH DARI SEORANG RAKYAT -

Comments

Popular posts from this blog

Kebijakan Moneter

Perdagangan dan Mobilitas Faktor Produksi antar Wilayah

TEORI PERUSAHAAN