TEORI PERUSAHAAN



Pengertian
1.       Perusahaan adalah organisasi yang mengkombinasikan dan mengorganisasikan sumber daya untuk keperluan produksi barang dan jasa penjualan (Salvatore,2004).
2.       Perusahaan adalah organisasi milik seseorang atau beberapa orang yang didalamnya terdapat berbagai bentuk aktivitas produktif maupun aktivitas lain yang telah di tentukan sebelumnya. (Barthwa,2010)
3.       Perusahaan adalah suatu mesin untuk memuaskan kebutuhan manusia atau masyarakat, dimana perusahaan memperoleh pendapatan dari masyarakat yang selanjutnya didistribusikan kepada pemilik perusahaan, pekerja, pemasok dan penyedia barang publik. (Kanterelis,2007)

Para pemangku kepentingan di Perusahaan:
Menurut  Arsyad,2008
ΓΌ  Pemegang saham
ΓΌ  Pelanggan
ΓΌ  Manajemen
ΓΌ  Pemasok
Adapula yang berpendapat para pemangku kepentingan di perusahaan adalah sebagai berikut:
o   Pemillik (untung)
o   Pekerja (gaji/upah)
o   Pemasok/agen distributor (pendapatan)
o   Pemerintah (pajak)
o   Pelanggan/konsumen (barang/jasa)


Alasan kehadiran Perusahaan
-          Dapat menghasilkan jumlah unit produkk yang lebih besar ( Clarkson & Miller, 1982)
-          Para Wirausaha dapat mengorganisasikan sumber daya secara efisien dan mengurangi biaya transaksi (Salvatore,2004)
-          Kanteralis 2007
·         Mampu mengidentifikasi kebutuhan konsumen & menemukan metode untuk memenuhi kebutuhan konsumen
·         Mampu  mengambil keputusan yang tepat dalam mengakses input.
·         Menyediakan insentif yang terbaik bagi para stakeholder.
·         Konsisten dan terencana dalam mengembangkan diri.
Tujuan Perusahaan (berdasarkan teori modern )
·         Maksimalisasi Laba
·         Maksimalisasi Pertumbuhan (perkembangan perusahaan)
·         Maksimalisasi Nilai Perusahaan (nilai jual atau nilai prospek perusahaan, dapat dicerminkan melalui harga saham perusahaan)
·         Maksimalisasi Penjualan (penguasaan market share)
·         Motivasi Manajerial  (keberlangsungan usaha) 
       Tujuan lainnya:
·         Tujuan berbasis produksi
·         Tujuan berbasis persediaan
·         Tujuan penguasaan pangsa pasar


Motivasi Manajerial
Motivasi manajerial adalah memaksimumkan utilitas manager.
Utilitas manajer ditentukan oleh
1.       Gaji dan kompensasi yang diterima manager.
2.       Jumlah dan kualitas pekerja yang menjadi tanggung jawab manajer.
3.       Fasilitas/benefit non-finansial yang diterima manager.
4.       Jumlah & investasi diskresi yang berada dalam tanggungjawab manajer.
TEORI PERUSAHAAN
1.       Teori neo-klasik perusahaan
-          Perusahaan bertujuan memaksimumkan profit.
-          Perusahaan memiliki informasi yang sempurna terkait kondisi pasar serta permintaan dan penawaran yang terkait dengan produksinya.
-          Harga (Price=P) yang ditetapkan untuk mencapai laba maksimal adalah saat MR=MC.

2.       Teori Manajerial Perusahaan
Pemaksimuman utilitas manajer menjadi titik awal beberapa bentuk teori manajerial perusahaan, yang diantaranya yaitu :
o   Teori maksimalisasi penjualan
o   Teori maksimalisasi pertumbuhan
o   Model discretion expenditure
3.       Teori Perilaku Perusahaan
Teori ini didasarkan pada pengamatan aktual dari perilaku perusahaan berdasarkan proses pengambilankeputusan disetiap perusahaan yang bervariasi.
Tujua perusahaan tidak dapat dirumuskan melalui formulasi sederhana (seperti maksimalisasi profit)
Tujuan perusahaan danperilaku perusahaan merupakan hasil tawar-menawar dari pemangku kepentingan yang terkait dengan perusahaan.

4.       Teori Keagenan dan Teori Governance Perusahaan
Teori keagenan menjelaskan interaksi pemilik perusahaan dan stakeholders lain (manajer dan pekerja)
Teori Governance perusahaan menjelaskan tentang cara terbaik terkait bagaimana perusahaan mengelola hubungan kontrak dengan rekan bisnisnya.

5.       Teori Evolusi Perusahaan
Perusahaan sebagai inisiator dan pencipta perubahan dalam mencapai keunggulan kompetitif.

6.       Teori Strategik Perusahaan
Daya saing perusahaan ditentukan oleh:
·         Sumber daya yang dimiliki
·         Batasan operasi perusahaan
·         Kemampuan perusahaan bertindak secara tepat.

7.       Teori Perusahaan Berbasis Pengetahuan
Pengetahuan sebagai aset strategis dan merupakan faktor paling penting bagi sumber daya perusahaan.


Comments

Popular posts from this blog

Perdagangan dan Mobilitas Faktor Produksi antar Wilayah

KISAH DARI LANGIT